Takut gagal dalam senam;  apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?
Life

Takut gagal dalam senam; apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Takut gagal sangat umum dalam senam. Setelah menilai handstand Emma di balok, juri memberi tahu Emma bahwa kesalahan seperti kaki tertekuk, goyangan, punggung melengkung semuanya menghabiskan delapan persepuluh poin untuk keterampilan itu. Emma telah bekerja sangat keras untuk menyempurnakan handstandnya, tetapi dia masih mendapatkan seluruh daftar poin yang akan dikurangi untuk skill ini. Pikiran Emma: “Saya benar-benar gagal. Aku bahkan tidak bisa melakukan skill sederhana”.

Secara umum, saya percaya bahwa senam menarik tipe orang tertentu. Yang sangat keras pada dirinya sendiri; perfeksionis. Perfeksionis mengalami kesalahan sebagai kegagalan. Di kelas senam saya, saya sering berurusan dengan pesenam yang mengalami ketakutan akan kegagalan. Saya sendiri juga akrab dengannya. Ketika pesenam yang takut gagal tidak tampil seperti yang mereka inginkan, hal-hal berubah dari buruk menjadi lebih buruk dengan menangis sebagai akibatnya tidak terkecuali.

Ketakutan akan kegagalan dapat ditentukan secara genetik atau disebabkan oleh faktor lingkungan. Anda dapat, misalnya, memiliki kemampuan alami untuk berpikir hitam putih. Anda melakukan sesuatu yang benar atau salah tetapi tidak ada zona abu-abu di antaranya. Jika keterampilan tidak berjalan dengan benar, itu sering dianggap sebagai “kesalahan”.

Faktor lingkungan dapat berkontribusi pada perkembangan rasa takut akan kegagalan. Jika Anda bertemu orang tua atau orang penting di masa muda Anda yang menetapkan standar tinggi bagi Anda, kemungkinan besar Anda akan mengalami pola yang sama di kemudian hari. Anda akan memiliki keyakinan alami bahwa Anda harus selalu meraih bintang. Standar tinggi seringkali terlalu tinggi dan membawa banyak tekanan bersamanya. Anda tidak dapat membiarkan diri Anda melakukan kesalahan untuk mengatasi tekanan ini dan kesalahan sering dianggap sebagai kegagalan. Takut gagal adalah akibatnya.

Orang tua Lauren memperhatikan bahwa dia memiliki bakat senam. Setelah 6 bulan, pelatihnya menyuruhnya bergabung dengan grup elit. Orang tua Lauren berharap dia bisa melakukan senam di level yang lebih tinggi. Mereka memastikan semuanya untuk memberinya medali emas (permintaan tinggi). Dia harus tidur lebih awal, makan makanan sehat dan didorong untuk menjaga kekuatan dan kelenturannya di waktu luangnya. Jika tidak, dia akan gagal (pemikiran hitam-putih). Jika dia tidak bisa melahirkan, orang tuanya menunjukkan kekecewaan mereka.

Saat Lauren lebih besar, dia bisa membuat keputusan untuk dirinya sendiri. Dia akhirnya ingin berpartisipasi dalam Kejuaraan Nasional atau Dunia (permintaan yang tidak realistis). Dan berlatih sangat keras untuk itu. Dia berlatih empat kali seminggu. Dia sedang mengerjakan jungkir balik di balok sekarang untuk memenuhi semua persyaratan keterampilan. Setelah dua bulan pelatihan, keterampilan itu masih belum ada dalam sistemnya. Dia menjadi sangat kesal dan frustrasi dengan ini. Lauren menangis setiap latihan dan bahkan cenderung berhenti berlatih karena “itu tidak akan pernah berhasil” (pemikiran hitam-putih). Dia terjebak dalam mindset tetapnya: dia tidak bisa melakukan jungkir balik dan juga tidak maju. Pikiran bahwa orang tuanya dan juga dirinya sendiri sangat kecewa padanya membuatnya ketakutan.

Ketakutan akan kegagalan dapat dikenali dari pikiran, perilaku, dan perasaan tertentu. Pikiran seringkali negatif dan sangat kritis. Dalam tabel di bawah ini, saya telah menyebutkan beberapa contoh. Anda dapat membayangkan ketika seseorang berkata pada dirinya sendiri “kamu gagal” bahwa ini dapat membawa banyak rasa tidak aman dan kesedihan kepada seseorang. Perasaan sedih dan tidak aman ini dapat menyebabkan pesenam kehilangan motivasi atau bahkan menghindari keterampilan tertentu. Waspadai tanda-tanda yang diberikan pesenam melalui hal-hal yang dia katakan atau lakukan.

Dalam senam, juri menilai rutinitas atau keterampilan berdasarkan apa yang salah. Kesalahan dihitung untuk setiap keterampilan dan akhirnya skor disajikan untuk seberapa “baik” rutinitas tersebut dibandingkan dengan pesenam lainnya. Ini adalah keterampilan tersendiri untuk hanya fokus pada kesalahan dan kekurangan, misalnya rutinitas kompetisi Anda. Beban emosional yang dialami seorang pesenam dalam melakukan kesalahan ini dapat sangat memengaruhi, antara lain, kepercayaan dirinya. Sejauh mana hal ini mempengaruhi kepercayaan diri seorang pesenam tergantung pada kecemasan, motivasi (intrinsik) dan konsentrasi yang ketiganya mempengaruhi kinerja akhir.

Ambil contoh Emma: dia pikir dia “gagal”. Dia pasti akan merasa sangat sedih. Ketakutannya akan kegagalan lagi akan meningkat, motivasinya untuk terus berlatih handstand akan berkurang dan selama latihan konsentrasinya akan terganggu oleh pikiran seperti “kamu toh tidak bisa melakukannya” atau “pelatih saya akan menunjukkan kaki saya yang bengkok jelek lagi ”.

Di bawah ini, Anda akan menemukan beberapa tip untuk menghadapi berbagai aspek dan dampak dari ketakutan akan kegagalan:

  • Jangan terlalu fokus pada hasil tapi lebih pada prosesnya. Semua pengalaman sukses kecil diperhitungkan. Misalnya, mintalah pesenam menyebutkan atau menuliskan momen kemenangan setiap latihan.
  • “Membuat kesalahan adalah suatu keharusan”. Anda bisa belajar dari kesalahan Anda dan membuat kesalahan bukanlah hal yang buruk. Belajar dari mereka dan berurusan dengan mereka. Itu bagian dari proses pembelajaran untuk akhirnya mencapai tujuan Anda.
  • Perbaiki frasa tegas yang dikatakan seorang pesenam pada dirinya sendiri. Mungkin Anda adalah salah satu “orang penting” dalam hidupnya yang menjadi bagian dari asuhannya. Ini akan membantu pesenam nanti. Ajari seorang pesenam untuk berbicara pada dirinya sendiri dengan kasih sayang alih-alih bersikap keras pada dirinya sendiri. “Kamu belum bisa melakukannya” terdengar jauh lebih bagus daripada “kamu tidak akan pernah bisa melakukannya dan kamu gagal”.
  • Waspadai ekspektasi pesenam dan sesuaikan jika perlu. Ketika seorang pesenam menetapkan permintaan tinggi untuk mencapai Kejuaraan Dunia sementara itu bukan pilihan, dia akan mengalami banyak tekanan yang tidak perlu.
  • Cobalah untuk membuat pesenam berpikir lebih “kelabu”: sesuatu tidak selalu hanya “baik” atau “buruk”. Saat jungkir balik dibuat dengan kaki yang ditekuk, bukan kaki dan jari kaki yang ditekuk, itu tidak tetap “buruk”.
  • Apa yang menyebabkan kekerasan dan ketakutan untuk melakukan kesalahan? Apakah orang tua penyebab atau bagian dari masalah? Perbaiki penyebabnya! Bicaralah dengan orang-orang ini misalnya.
  • Perhatikan kata-kata Anda. “Pegas depan itu tidak bagus. Sebelum Anda dapat diubah, saya ingin melihat yang bagus ”. Dengan cara ini, seorang pesenam mengalami bahwa melakukan kesalahan memiliki konsekuensi. Bagaimana Anda memberikan “tip” Anda juga dapat memengaruhi pengalaman dan interpretasi kesalahan.

Jadi, ketakutan akan kegagalan merupakan tantangan bagi pesenam sekaligus pelatih. Perhatikan tanda-tandanya dan lihat bagaimana Anda bisa menghadapinya. Waspadai peran Anda sebagai pelatih, terutama dengan anak-anak kecil. Anda berkontribusi lebih banyak untuk pengasuhan mereka, maka Anda tahu! Semoga tips di atas bisa diterapkan di kelas senam Anda.

Bisakah Anda menggunakan lebih banyak tip pembinaan? Kemudian lihat Platform Alat Senam kami untuk pelatih senam.

Nama saya Roxanne Boersma (24) dan saya bekerja di Alat Senam sebagai pengembang dan pelatih konten. Saya telah melakukan senam sejak saya berusia 12 tahun dan telah mengajar senam ke berbagai kelompok senam pilihan sejak 2012. Selain kecintaan saya pada senam, saya aktif dalam kebugaran dan kesehatan (gaya hidup dan nutrisi). Saat ini saya bekerja sebagai fisioterapis. Kutipan: “Jangan pernah menyerah pada apa yang ingin Anda lakukan. Orang dengan impian besar lebih kuat daripada orang yang memiliki semua fakta.”

Untuk member yang kerap https://doubleoakwinery.com/ bisa melihat nilai keluaran hk hari ini. Hingga melalui laman pengganti ini member toto sgp tidak perlu takut lagi. Sebab di sini kita sudah sediakan bagan information sgp terlengkap 2022 yang dimana https://botasdefutboldesalida.com/ nilai pengeluaran sgp berasal dari beberapa tahun sesudah itu hingga pengeluaran sgp malam hari ini. Bagan data sgp terlengkap 022 bersama dengan terencana kami untuk agar para member tidak lagi terlambat mampu memproleh hasil https://khogiaysi.com/ sgp hari ini.